Dakwaan |
- D A K W A A N
KESATU
Bahwa terdakwa RYAN TAUFIK SAPARI Bin SAPARI bersama-sama dengan Saksi WINDHU TRESNA WULANDHANI, SE., MP. Bin ENDJANG RUCHAYAT selaku Kepala Unit BRI Unit Pamulihan berdasarkan Surat Keputusan Pemimpin Cabang PT BRI (Persero), Tbk nomor 01/KC-VI/LYI/01/2020 tanggal 02 Januari 2020 tentang Mutasi/Rotasi/Promosi Jabatan Pekerja BRI Kantor Cabang Sumedang serta Saksi ADITYA AFRIANGGA NADZIR SANTOS Bin MARIANO DIAS SOUSA SANTOS selaku Customer Service BRI Unit Pamulihan berdasarkan Surat Pemimpin Cabang PT BRI (Persero), Tbk Kantor Cabang Sumedang nomor B.97 KC-VI/LYI/03/2020 tanggal 01 Maret 2020 perihal Penugasan Tenaga Kontrak, pada hari Sabtu tanggal 05 September 2020 sampai dengan hari Sabtu tanggal 03 April 2021 atau setidak-tidaknya pada rentang waktu sekitar tahun 2020 sampai dengan tahun 2021, bertempat di Kantor PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Pamulihan Cabang Sumedang yang beralamat di Dusun Simpang Desa Ciptasari Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang atau setidak-tidaknya pada suatu tempat lain yang masih termasuk dalam wilayah hukum Pengadilan Negeri Sumedang, berdasarkan Pasal 5, Pasal 6 huruf a dan Pasal 35 ayat (1) dan (2) UU RI No. 46 tahun 2009 tentang Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, maka Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Bandung yang berwenang untuk memeriksa, mengadili dan memutus perkara ini, secara bersama-sama ”yang melakukan, yang menyuruh melakukan, dan yang turut serta melakukan yaitu Saksi WINDHU TRESNA WULANDHANI, SE., MP (dilakukan penuntutan dalam berkas perkara terpisah) selaku Kepala Unit BRI Pamulihan bersama-sama dengan Saksi ADITYA AFRIANGGA NADZIR SANTOS Bin MARIANO DIAS SOUSA SANTOS (dilakukan penuntutan dalam berkas perkara terpisah) selaku Customer Service BRI Unit Pamulihan, ARIS TANTOYO (almarhum) selaku Satuan Pengamanan Kantor BRI Unit Pamulihan secara melawan hukum yaitu saksi WINDHU TRESNA WULANDHANI, SE., MP bersama-sama saksi ADITYA AFRIANGGA NADZIR SANTOS Bin MARIANO DIAS SOUSA SANTOS menerbitkan kartu ATM/Debit dari rekening Nasabah BRI Unit Pamulihan tanpa sepengetahuan nasabah dan mengambil sejumlah uang milik nasabah tanpa sepengetahuan dari nasabah BRI sehingga hal tersebut bertentangan dengan ketentuan Surat Edaran Direksi BRI Nomor SE.48-DIR/HCS/09/2020 tanggal 28 September 2020 tentang Peraturan Disiplin, dan Surat Keputusan Direksi BRI Nomor : BP.28-DIR/KPD/12/2018 tanggal 28 Desember 2018 tentang Buku Prosedur Operasional (BPO) Kartu Debit melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi yaitu Terdakwa memperkaya diri sendiri, memperkaya Saksi WINDHU TRESNA WULANDHANI, SE., MP., Saksi ADITYA AFRIANGGA NADZIR SANTOS Bin MARIANO DIAS SOUSA SANTOS, dan memperkaya ARIS TANTOYO (almarhum), yang merugikan keuangan negara atau perekonomian negara sebesar Rp691.981.110 (enam ratus sembilan puluh satu juta sembilan ratus delapan puluh satu ribu seratus sepuluh rupiah)”. Perbuatan tersebut dilakukan oleh Terdakwa dalam keadaan dan dengan cara-cara sebagai berikut:
- Bahwa PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk adalah sebagai Bank BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang sebagian besar kepemilikan sahamnya adalah milik Negara Republik Indonesia, berdasarkan Pasal 3 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 2023 tanggal 16 Juni 2023 tentang Perubahan Struktur Kepemilikan Saham Negara Republik Indonesia pada Perusahaan Perseroan (Persero) PT Bank Rakyat Indonesia TBK, bahwa berdasarkan struktur kepemilikan saham Milik Negara Republik Indonesia pada Perusahaan Perseroan (Persero) PT Bank Rakyat Indonesia Tbk sejak 16 Juni 2023 menjadi sebesar 53,19% dari seluruh saham Perusahaan Perseroan (Persero) PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, dan berdasarkan Penjelasan Umum Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dan ditambah dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, dan berdasarkan pasal 1 angka 1 dan Pasal 2 huruf g Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara serta berdasarkan Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 62/PUU-XI/2013 tanggal 18 September 2014, bahwa Keuangan BRI sebagai BUMN adalah termasuk keuangan negara dengan demikian kerugian finansial BRI Unit Pamulihan merupakan kerugian negara.
- Bahwa dalam periode bulan September tahun 2020 sampai dengan bulan April tahun 2021, struktur organisasi Kantor BRI Unit Pamulihan antara lain:
a.
|
Kepala Unit
|
:
|
Windhu Tresna Wulandhani, SE., MP.
|
b.
|
Mantri
|
:
|
- Robbi Eska Yanuar, S.I Kom
- Jajang Nurzaman
- Irwan Kusmawan
- Dodi Ginanjar
- Didit Setiadi
- Eneng Diana
|
c.
|
Teller
|
:
|
Dini Aisah Ramdayani
|
d.
|
Customer Service
|
:
|
- Aditya Afriangga Nadzir Santos bin Mariano Dias Sousa Santos
|
|
|
|
- Naufalita Fathirrahma Binti Nurdin Zain
|
e.
|
Petugas Administrasi KUR
|
:
|
Sri Yulianti
|
f.
|
Security
|
:
|
Aris Tantoyo (Alm)
|
- Bahwa Saksi Aditya Afriangga Nadzir Santos Bin Mariano Dias Sousa Santos selaku Customer Service di Kantor BRI Unit Pamulihan Cabang Sumedang memiliki tanggung jawab, wewenang, dan tugas sebagai berikut:
Tanggung jawab:
- Melaksanakan layanan dan edukasi perbankan kepada nasabah atau calon nasabah yang akan menggunakan produk dan jasa perbankan di BRI Unit dalam rangka meningkatkan kualitas layanan kepada nasabah;
- Melaksanakan proses pemeriksaan registrasi dan administrasi simpanan BRI Unit dan jasa bank lainnya agar tertib dalam administrasi;
- Mengelola perangkat ATM sebagai petugas ATM termasuk kartu dan mesin ATM untuk memenuhi kebutuhan nasabah
- Melakukan penjualan produk dan jasa perbankan lainnya serta e-banking agar mencapai targer yang ditentukan
- Melaksanakan proses dan penatakerjaan dokumen asuransi (cash in transit/cash in save/cash in cashier box) guna memitigasi risiko dan mengamankan kepentingan bank;
- Menyiapkan dan merekap data, laporan critical report, dan laporan-laporan rutin BRI Unit untuk mendukung kinerja BRI Unit.
Wewenang:
- Berwenang menandatangani dokumen pembukuan rekening simpanan
- Berwenang memegang kunci ATM jika ditunjuk sebagai petugas ATM.
Tugas:
- Membuat dan menandatangani Surat Pernyataan penerimaan User ID WBS dan EDC Card Services serta office card kepada Pemimpin unit kerja masing-masing.
- Melakukan proses input data permohonan persediaan kartu Debit BRI di aplikasi WBS.
- Mencetak dan menandatangani cetakan Laporan Permintaan Persediaan Kartu Debit BRI dari Aplikasi WBS sebagai maker.
- Melakukan penatakerjaan Kartu Petugas, PIN kartu petugas level CS telah dilakukan dengan benar, baik pada saat jam operasional maupun jam non operasional unit kerja.
- Memeriksa dan memastikan kelengkapan dan kebenaran data pengisian asli formulir pembukaan rekening, formulir penambahan atau pengurangan fasilitas rekening atas permintaan permohonan kartu baru, pemblokiran kartu, penggantian kartu karena renewaQrusak/hilang/tertelan, dan reissue PIN dengan mencocokkan data pada buku tabungan, bukti identitas nasabah dan dokumen lainnya sesuai ketentuan dalam BPO ini.
- Melakukan proses request card I renewal card kartu Debit BRI pada aplikasi WBS dan EDC Card Service sesuai permohonan nasabah.
- Melakukan pemblokiran kartu debit BRI pada aplikasi WBS sesuai permohonan nasabah atau pihak yang berwenang dan dilaporkan kepada Kabag Ops / Wakabag Ops / MO / AMO /SLO/ Pincapem / Spv.KCP / Spv.KK / Kaunit / Mantri (Teras BRI).
- Melakukan proses reissue PIN pada menu EDC Card Services.
- Melakukan pengubahan status kartu menjadi "RS" pada penggantian kartu Debit BRI karena kartu rusak.
- Melakukan perubahan status kartu Debit BRI yang hilang menjadi "Blokir", kemudian dilanjutkan dengan proses permohonan kartu Debit BRI baru sesuai ketentuan.
- Memastikan kebenaran nasabah saat memberikan Kartu Debit BRI kepada nasabah.
- Menandatangani Form penerbitan atau penggantian Kartu Debit BRI bersama dengan nasabah setelah kartu Debit BRI diterima oleh Nasabah.
- Melakukan opname kartu Debit BRI bersama Kabag Ops/ Wakabag Ops/ MO/ AMO/ SLO/Pincapem / Spv.KCP / Spv.KK / Kaunit di unit kerjanya dengan melakukan pencocokkan antara Register persediaan kartu dengan fisik Kartu Debit BRI minimal 1 (satu) minggu sekali dan bila diperlukan.
- Menandatangani Berita Acara Opname Kartu Debit BRI sebagai Maker.
- Mencetak dan melakukan verifikasi report-report seluruh transaksi pada aplikasi WBS dan EDC card Service dengan dokumen sumber setiap akhir hari.
- Memberikan edukasi kepada nasabah terkait dengan pertanyaan / komplain / pengaduan transaksi / produk simpanan dapat dilayani melalui unit kerja BRI atau dapat menghubungi Contact Center BRI serta menginformasikan nomor Contact Center BRI (14017, 021-500-017 dan 021-57987400).
- Menyampaikan kepada nasabah terkait syarat dan ketentuan terkait Kartu Debit BRI.
- Berwenang menerima aplikasi pembukaan rekening beserta dokumen pembukaan rekening dari nasabah untuk diproses di aplikasi Brinets Ekspres.
- Berwenang dan bertanggung jawab untuk menerbitkan Kartu Debit untuk rekening eksisting yang belum pernah berkartu melalui aplikasi WBS.
- Berwenang dan bertanggung jawab dalarn memberikan edukasi kepada nasabah mengenai produk-produk BRI, memastikan seluruh formulir telah terisi lengkap, dan memastikan bahwa nasabah telah mendapat penjelasan mengenai hak dan kewajiban nasabah atas penggunaan produk simpanan yang dipilih.
- Memasukkan data nasabah ke sistem sesuai dengan identitas dan data dari nasabah.
- Melakukan transaksi pembukaan rekening, kartu ATM serta fasilitas e-banking.
- Menandatangani Register Pergeseran Kartu Debit BRI bersama dengan nasabah setelah kartu Debit BRI diterima oleh Nasabah.
- Menatakerjakan Register Pergeseran Kartu Debit BRI
- Bahwa mekanisme penerbitan Kartu Debit di Bank BRI adalah sebagai berikut:
- Ketentuan Pelayanan Kartu Debit :
- Permohonan kartu Debit BRI baru hanya dapat dilakukan pada rekening tabungan/giro yang masih aktif.
- Pelayanan permohonan kartu baru (card request) kartu Debit BRI dapat dilayani di seluruh unit kerja level KCK dan Kanca, sedangkan untuk unit kerja KCP, KK dan BRI Unit hanya dapat melayani permintaan penerbitan kartu Debit BRI untuk nasabah Unit Krja sendiri (tidak dapat melayani penerbitan kartu Debit BRI nasabah unit kerja lain).
- Permohonan Kartu Debit BRI Baru (Request Card):
- Permohonan kartu Debit BRI baru hanya dapat dilakukan pada rekening tabungan/giro yang masih aktif.
- Pelayanan permohonan kartu baru (card request) kartu Debit BRI dapat dilayani di seluruh unit kerja level KCK dan Kanca, sedangkan untuk unit kerja KCP, KK dan BRI Unit hanya dapat melayani permintaan penerbitan kartu Debit BRI untuk nasabah uker sendiri (tidak dapat melayani penerbitan kartu Debit BRI nasabah unit kerja lain).
- Dokumen yang dipersyaratkan dalam permohonan kartu Debit BRI baru adalah:
- Buku Tabungan
- Asli dan fotocopi bukti identitas diri (KTP) yang masih berlaku.
- Formulir Penambahan atau pengurangan fasilitas rekening yang telah dilengkapi dan ditandatangani nasabah yang berisi permohonan Kartu Debit BRI Baru.
- Kitap/Kitas/Kims/Passport yang masih berlaku khusus untuk WNA.
- Sebelum melakukan request kartu Debit baru, unit kerja harus melakukan pengecekan kepemilikan kartu debit BRI dan status kartu yang telah dimiliki nasabah (bila ada) pada menu Account inquiry WBS.
- Permohonan kartu debit BRI baru dilakukan dengan request kartu pada WBS yang diikuti dengan aktivasi kartu pada menu EDC Card Service pada unit kerja yang sama. Aktivasi kartu hanya dapat dilakukan pada unit kerja yang melakukan requestkartu debit BRI tersebut.
- Proses aktivasi kartu harus dilakukan segera setelah request kartu, tidak diperkenankan melakukan request kartu lain sebelum suatu kartu yang telah dilc'quest selesai diaktivasi.
- Penerbitan Kartu Debit BRI Baru
- Menerima kelengkapan dokumen permintaan penerbitan Kartu Debit BRI dari nasabah (sesuai syarat kelengkapan dokumen pada tabel). Formulir pembukaan rekening atau formulir penambahan atau pengurangan fasilitas rekening sudah diisi lengkap oleh nasabah.
- Memeriksa kelengkapan pengisian asli formulir pembukaan rekening atau formulir penambahan atau pengurangan fasilitas rekening dan kebenaran data dengan mencocokkan data pada buku tabungan dan bukti identitas nasabah.
- Memberikan paraf d1 formulir pembukaan rekening atau formulir penambahan atau pengurangan fasilitas rekening sebagai tanda bahwa kelengkapan syarat-syaratnya telah dipenuhi, bila tidak lengkap, mengembalikan ke nasabah untuk dilengkapi.
- Melakukan pengecekan data rekening pada menu Account inquiry untuk mengetahui apakah nasabah tersebut sudah memiliki kartu atau belum. Apabila telah memiliki kartu dan berstatus PL maka tidak diperkenankan requestkartu baru.
- Mengambil persediaan kartu debit
- Mencatat nomor kartu debit BRI yang diambil pada Register Serah Terima Kartu Debit BRI
- Mengentry nomor rekening tabungan nasabah pada menu Request Card dalam aplikasi WBS untuk menampilkan data rekening nasabah.
- Memeriksa kebenaran data rekening nasabah dalam menu Request Card yang akan diberikan Kartu Debit BRI
- Memastikan bahwa Kartu debit BRI yang akan dihubungkan dengan rekening tabungan nasabah telah di-confirm. Pengecekan kartu yang telah di confirm dilakukan melalui menu Cancel Confirm Card pada aplikasi WBS.
- Menginput nomor kartu Debit BRI pada menu Request Card WBS untuk mneghubungkan Kartu Debit BRI dengan rekening tabungan nasabah.
- Memastikan bahwa nomor Kartu debit BRI yang di-entri sesuai dengan nomor pada fisik Kartu debit BRI.
- Mencantumkan nomor Kartu Debit BRI yang telah di-request pada formulir pembukaan rekening atau formulir penambahan atau pengurangan fasilitas rekening.
- Memfotokopi bukti identitas nasabah dan menatakerjakannya.
- Menyerahkan asli dokumen nasabah, kartu Debit BRI, beserta Register Serah Tarima Kartu Debit kepada Kaunit.
- Menerima asli dokumen nasabah, kartu Debit BRI, beserta Register Serah Terima Kartu Debit BRI dari Customer Service.
- Memeriksa dan mencocokkan kebenaran pengisian Formulir pembukaan rekening atau formulir penambahan atau pengurangan fasilitas rekening dan kelengkapan dokumen persyaratan.
- Mencocokkan nomor kartu debit BRI dengan nomor kartu Debit yang dicatat Customer Service di Register Serah Terima Kartu Debit BRI, dan dengan data yang tercantum pada menu Approval New Card aplikasi WBS.
- Memastikan nomor kartu dan nomor rekening pada aplikasi WBS sesuai dengan fisik kartu yang akan di-requestdan buku tabungan.
- Mefakukan approval pada menu Approval New card.
- Membubuhkan tanda tangan pada Formulir pembukaan rekening atau formulir penambahan atau pengurangan fasilitas rekening sebagai tanda persetujuan dan register serah terima kartu
- Menyerahkan Kartu Debit BRI beserta kelengkapan dokumen, dan Register Serah Terima kartu kepada Customer Service
- Menerima Debit BRI beserta kelengkapan dokumen, dan Register Pergeseran Kartu Debit dari Kaunit
- Menyerahkan Kartu Debit BRI, buku tabungan dan asli bukti identitas kepada nasabah, dan membantu nasabah melakukan aktivasi Kartu debit BRI pada EDC.
- Melakukan aktivasi pada menu EDC Card Services -Aktivasi Card dengan cara:
- Masuk ke menu EDC card Services -Aktivasi Card
- Menggesek (swipe) Kartu Petugas Customer Service
- Memasukkan PIN Kartu Petugas Customer Service (enam digit numerik)
- Meminta approval aktivasi Kartu Debit BRI pada Kaunit
- Memastikan kebenaran nasabah melalui buku tabungan dan asli bukti identitas.
- Memastikan kecocokan nomor Kartu debit BRI yang akan diaktivasi dengan nomor kartu pada Formulir pembukaan rekening atau formulir penambahan atau pengurangan fasilitas rekening.
- Memasukkan passwordKartu Petugas level Spv pada menu EDC Card Services
- Aktivasi card (enam digit numerik).
- Meminta nasabah men-swipe Kartu debit BRI-nya pada EDC.
- Meminta nasabah membuat PIN dan memasukkan PIN Kartu debit BRI-nya (enam digit numerik).
- Meminta nasabah memasukkan ulang PIN untuk konfirmasi.
- Mengkonfirmasi berdasarkan dokumen dan kepada nasabah bahwa data nomor kartu debit BRI, nomor rekening tabungan, nama nasabah, dan tempat tanggal lahir nasabah yang ditampilkan di layar EDC adalah benar.
- Mengeksekusi proses aktivasi.
- Mencetak struk Aktivasi Kartu pada EDC dan memberikan struk kepada nasabah sebagai bukti telah melakukan Aktivasi Kartu debit BRI.
- Meminta nasabah menandatangani Register Serah Terima Debit BRI sebagai bukti bahwa Kartu Debit BRI telah diterima oleh nasabah.
- Mencatat tanggal dan membubuhkan tanda tangan pada Register tersebut.
- Menyerahkan buku tabungan dan bukti identitas kepada nasabah.
- Menjelaskan cara penggunaan Kartu Debit BRI kepada Nasabah.
- Menyimpan asli Formulir pembukaan rekening atau formulir penambahan atau pengurangan fasilitas rekening/ copy bukti identitas nasabah, dan kelengkapan dokumen penerbitan Kartu Debit BRI lainnya sebagai arsip.
- Sedangkan untuk mekanisme pengaktifan internet banking adalah sebagai berikut:
- Nasabah datang ke Unit Kerja BRI dan membawa serta melengkapi persyaratan sebagai berikut :
- Membawa Butab, Kartu Debit, KTP asli
- Mengisi dan wajib menandatangani AR-01 / FR-01,
- Menyerahkan AR-01/FR-01, Butab, KTP ke Customer Service
- Customer Service menindaklanjuti permintaan nasabah dengan melakukan hal-hal sebagai berikut:
- Menerima AR-01/FR-01, Butab, KTP asli.
- Meminta nasabah melakukan transaksi info saldo di EDC dan meminta struk transaksi info saldo tersebut.
- Menginput user ID Internet Banking/nomor kartu debit/nomor HP nasabah di Aplikasi WBS.
- Memverifikasi kesesuaian data rekening nasabah dengan isian formulir termasuk kecocokan tanda tangan nasabah pada KTP, Butab dan formulir.
- Memilih field register dan meminta approval dari pejabat yang berwenang dengan menyerahkan AR-01/FR-01, Butab, KTP asli, struk info saldo.
- Kaunit melakukan Approval sebagai berikut :
- Menerima AR-01/FR-01,Butab, KTP asli, struk info saldo.
- Memverifikasi kesesuaian data rekening nasabah dengan dokumen.
- Memberikan approval registrasi Finansial Internet Banking.
- Hal yang harus diperhatikan oleh Pejabat yang melakukan Approval
- Memastikan bahwa dalam tahap registrasi finansial, terdapat dokumen sumber yg sah (AR-01/FR-01,Butab, KTP asli, struk info saldo} dan nasabah yang meminta registrasi tersebut benar-benar pemilik rekeninq
- Pencetakan Report Log All Transaction dilakukan setiap akhir hari dan wajib dicocokan dengan dokumen sumber.
- Uker agar mewaspadai permintaan registrasi finansial yang dilakukan diluar ketentuan tersebut diatas, antara lain :
- Permintaan pendaftaran fasilitas financial Internet Banking hanya dengan menyampaikan data nasabah yang ditulis pada secarik kertas.
- Permintaan pendaftaran fasilitas finansial Internet Banking melalui telephone. Terhadap permintaan ini, Uker agar menyampaikan bahwa nasabah wajib datang ke Uker untuk melakukan registrasi finansial.
- Bahwa untuk menjamin keamanan dan peningkatan pelayanan terhadap nasabah BRI di Unit Kerja Operasional, PT BRI (Persero) Tbk. telah menerbitkan ketentuan Tatakelola Password nomor S.01-STI/BRI yang berlaku sejak tanggal 05 Desember 2012, namun Saksi Windhu Tresna Wulandhani, SE., MP. yang saat itu menjabat sebagai Kepala Unit memberikan password Level Username 4437006 kepada Saksi Aditya Afriangga Nadzir Santos Bin Mariano Dias Sousa Santos, Saksi Naufalita Fathirrahma binti Nurdin Zaen, dan Saksi Dini Aisah Ramdayani dengan cara Saksi Windhu Tresna Wulandhani, SE., MP.masuk ke ruangan teller dan Saksi Windhu Tresna Wulandhani, SE., MP. menyebutkan password kepada Saksi Aditya Afriangga Nadzir Santos Bin Mariano Dias Sousa Santos, Saksi Naufalita Fathirrahma binti Nurdin Zaen, dan Saksi Dini Aisah Ramdayani per tiga hari sekali.
- Bahwa selama Saksi Windhu Tresna Wulandhani, SE., MP. menjabat sebagai Kepala Unit BRI Unit Pamulihan, Saksi Windhu Tresna Wulandhani, SE., MP. memberikan kurang lebih 10 (sepuluh) kartu ATM (Anjungan Tunai Mandiri) / Debit Simpedes BRI yang belum aktif kepada Saksi Aditya Afriangga Nadzir Santos Bin Mariano Dias Sousa Santos dan Saksi Naufalita Fathirrahma binti Nurdin Zaen setiap harinya untuk dikakukan aktivasi.
- Bahwa pada hari dan tanggal yang sudah tidak dapat dipastikan lagi namun antara bulan September tahun 2020 sampai dengan bulan April tahun 2021, sdr. ARIS TANTOYO (almarhum), memerintahkan kepada Saksi Aditya Afriangga Nadzir Santos Bin Mariano Dias Sousa Santos untuk menerbitkan kartu ATM (Anjungan Tunai Mandiri/ Debit dari 12 (dua belas) rekening nasabah BRI Pamulihan tanpa permohonan dan persetujuan dari para nasabah yang bersangkutan antara lain:
No.
|
Nomor Rekening
|
Nama Nasabah
|
Saldo Awal (Rp)
|
1.
|
443701010223536
|
MAMAD
|
55.451.856,00
|
2.
|
443701000421500
|
OYIH MUKTIASIH
|
26.634.843,00
|
3.
|
443701000496539
|
SURYANA
|
13.225.760,00
|
4.
|
443701000251507
|
OMAY
|
16.180.513,40
|
5.
|
443701008361534
|
SAPTA
|
60.564.596.00
|
6.
|
443701002052535
|
ABDUL PATAH
|
52.913.238,00
|
7.
|
443701004751533
|
JUJU JUBAEDAH
|
32.033.810,00
|
8.
|
443701012524530
|
ACE
|
214.174.199,00
|
9.
|
443701012525536
|
ACE
|
153.351.173,00
|
10.
|
443701006575535
|
UTA SUYATNA
|
114.415.815,88
|
11.
|
443701007094532
|
CICIH
|
27.632.000,00
|
12.
|
443701015409535
|
H. YOHANDA
|
854.625.707,00
|
- Bahwa Selanjutnya Saksi Aditya Afriangga Nadzir Santos Bin Mariano Dias Sousa Santos meminta kepada Saksi Naufalita Fathirrahma binti Nurdin Zaen untuk menerbitkan kartu ATM (Anjungan Tunai Mandiri / Debit dari rekening nasabah BRI Pamulihan yang mana Saksi Aditya Afriangga Nadzir Santos Bin Mariano Dias Sousa Santos menyerahkan selembar kertas yang berisikan nomor rekening nasabah BRI dan nomor serial buku tabungan serta Passbook Balance (saldo rekening terakhir) kepada Saksi Naufalita Fathirrahma binti Nurdin Zaen. Kemudian Saksi Naufalita Fathirrahma binti Nurdin Zaen masuk ke dalam aplikasi WBS BRI menggunakan User ID milik Saksi Naufalita Fathirrahma binti Nurdin Zaen yakni User ID 4437077. Selanjutnya Saksi Naufalita Fathirrahma binti Nurdin Zaen memasukkan nomor rekening nasabah BRI yang telah diserahkan oleh Saksi Aditya Afriangga Nadzir Santos Bin Mariano Dias Sousa Santos dan memasukkan nomor serial buku tabungan serta Passbook Balance ke dalam sistem WBS BRI. Kemudian Saksi Naufalita Fathirrahma binti Nurdin Zaen mengambil kartu Debit yang belum aktif selanjutnya memasukkan nomor kartu Debit ke dalam sistem. Selanjutnya Saksi Naufalita Fathirrahma binti Nurdin Zaen mengajukan penerbitan kartu Debit tanpa permohonan dan persetujuan dari nasabah yang bersangkutan. Kemudian Saksi Naufalita Fathirrahma binti Nurdin Zaen keluar dari sistem dan masuk kembali menggunakan User ID 4437006 milik Saksi Windhu Tresna Wulandhani, SE., MP. selaku Kepala Unit yang mana sudah Saksi Naufalita Fathirrahma binti Nurdin Zaen ketahui passwordnya. Kemudian Saksi Naufalita Fathirrahma binti Nurdin Zaen melakukan persetujuan terhadap pengajuan penerbitan kartu Debit yang saksi Naufalita Fathirrahma binti Nurdin Zaen ajukan sebelumnya. Kemudian Saksi Naufalita Fathirrahma binti Nurdin Zaen memasukkan kartu Customer Service ke dalam mesin EDC dan memasukkan password Customer Service. Selanjutnya Saksi Naufalita Fathirrahma binti Nurdin Zaen memasukkan kartu Debit Nasabah yang baru diaktifkan ke dalam mesin EDC. Kemudian Saksi Aditya Afriangga Nadzir Santos Bin Mariano Dias Sousa Santos membuat memfotocopi kartu Debit yang lama dan mengisi Form FR 01. Selanjutnya Saksi Aditya Afriangga Nadzir Santos Bin Mariano Dias Sousa Santos menghadap Saksi Windhu Tresna Wulandhani, SE., MP. dan menyerahkan kartu Debit yang telah masuk ke dalam mesin EDC beserta dengan Form FR01 kepada Saksi Windhu Tresna Wulandhani, SE., MP. dengan mengatakan pengajuan ini adalah punya Aris Tantoyo (almarhum), untuk meminta PIN EDC kepada Saksi Windhu Tresna Wulandhani, SE., MP.. Selanjutnya Saksi Windhu Tresna Wulandhani, SE., MP. memasukkan PIN EDC untuk pengaktifkan kartu Debit Nasabah BRI yang dengan sengaja tanpa memverifikasi kebenaran pengajuan dan kelengkapan untuk penerbitan kartu ATM dari para nasabah, sehingga kartu Debit tersebut aktif tanpa adanya permohonan dan persetujuan dari nasabah yang bersangkutan. Kemudian Saksi Aditya Afriangga Nadzir Santos Bin Mariano Dias Sousa Santos menyerahkan kartu Debit Nasabah BRI yang telah diaktifkan tanpa permohonan dan persetujuan nasabah kepada ARIS TANTOYO (almarhum).
- Bahwa rincian penerbitan kartu Debit secara melawan hukum tanpa adanya permohonan dan persetujuan dari nasabah BRI Pamulihan adalah sebagai berikut:
No
|
Nama Nasabah
|
Nomor Rekening
|
No Kartu
|
Tanggal Aktivasi Kartu
|
User Req
|
User App
|
1
|
Omay Syaepul Komar
|
443701000251507
|
6013014038900026
|
31/12/2020 08:46:03
|
4437077
|
4437006
|
2
|
Oyih Muktiasih
|
443701000421500
|
6013014038899699
|
22/12/2020 15:02:20
|
4437077
|
4437006
|
3
|
Suryana
|
443701000496539
|
6013014050555286
|
7/1/2021 16:09
|
4437077
|
4437006
|
4
|
Abdul Patah
|
443701002052535
|
5221845043558766
|
4/9/2020 13:48
|
4437077
|
4437006
|
5
|
Juju Jubaedah
|
443701004751533
|
6013014038899707
|
22/12/2020 15:01:39
|
4437077
|
4437006
|
6
|
Uta Suyatna
|
443701006575535
|
5221845044674802
|
13/11/2020 10:07:16
|
4437077
|
4437006
|
7
|
Cicih
|
443701007094532
|
6013014050555419
|
8/1/2021 11:08
|
4437077
|
4437006
|
8
|
Sapta
|
443701008361534
|
5221845043558956
|
8/9/2020 11:51
|
4437077
|
4437006
|
9
|
Mamad
|
443701010223536
|
6013014050555401
|
8/1/2021 11:09
|
4437077
|
4437006
|
10
|
Ace
|
443701012524530
|
5221845043558824
|
4/9/2020 18:22
|
4437077
|
4437006
|
11
|
Ace
|
443701012525536
|
5221845043558857
|
7/9/2020 16:23
|
4437077
|
4437006
|
12
|
H Yohanda
|
443701015409535
|
6013014039921187
|
21/12/2020 14:03:42
|
4437077
|
4437006
|
- Bahwa selanjutnya Saksi Windhu Tresna Wulandhani, SE., MP. memerintahkan saudara ARIS TANTOYO (almarhum) agar Saksi Aditya Afriangga Nadzir Santos Bin Mariano Dias Sousa Santos mencarikan orang yang dapat melakukan penarikan uang dari rekening nasabah BRI melalui mesin ATM. Kemudian Saksi Aditya Afriangga Nadzir Santos Bin Mariano Dias Sousa Santos menghubungi Terdakwa untuk datang ke kantor BRI unit Pamulihan yang kemudian Saksi Aditya Afriangga Nadzir Santos Bin Mariano Dias Sousa Santos mempertemukan Terdakwa dengan ARIS TANTOYO (almarhum), yang mana pada saat itu ARIS TANTOYO (almarhum) meminta Terdakwa untuk menarik uang dari rekening nasabah BRI melalui mesin ATM dengan menyerahkan 12 (dua belas) kartu Debit rekening BRI Pamulihan yang telah dinomori dan memberikan PIN yang sama yakni 123456.
- Bahwa sekira bulan September 2020 sampai dengan bulan Januari 2021, Terdakwa melakukan pengambilan uang milik 12 (dua belas) nasabah BRI unit Pamulihan menggunakan kartu ATM/Debit di mesin ATM sekitar wilayah Kota Bandung dan Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang secara melawan hukum. Setelah mengambil uang milik 12 (dua belas) nasabah BRI tersebut, Terdakwa langsung menyerahkan kepada ARIS TANTOYO (almarhum) di Pool Bus Cileunyi. Selanjutnya ARIS TANTOYO (almarhum) memberikan imbalan kepada Terdakwa sebesar Rp500.000 (lima ratus ribu rupiah) setiap penyerahannya. Adapun uang yang ditarik secara melawan hukum tersebut oleh Terdakwa diserahkan kepada ARIS TANTOYO (almarhum) sebanyak 3 (tiga) kali yang mana Terdakwa tidak mengingat lagi besaran yang diberikan. Sedangkan yang diserahkan Terdakwa kepada Saksi Aditya Afriangga Nadzir Santos Bin Mariano Dias Sousa Santos sebanyak 1 (satu) kali yaitu sebesar Rp80.000.000 (delapan puluh juta rupiah) dengan Saksi Aditya Afriangga Nadzir Santos Bin Mariano Dias Sousa Santos memberikan imbalan sebanyak Rp2.000.000 (dua juta rupiah) kepada Terdakwa, yang selanjutnya Saksi Aditya Afriangga Nadzir Santos Bin Mariano Dias Sousa Santos menyerahkan uang sebesar Rp80.000.000 (delapan puluh juta rupiah) hasil dari perbuatan melawan hukum kepada Saksi Windhu Tresna Wulandhani, SE., MP.
- Bahwa Terdakwa mengambil uang milik nasabah BRI unit Pamulihan melalui mesin ATM di wilayah sekitar Kota Bandung dan Kabupaten Sumendang dengan rincian sebagai berikut:
Nasabah UTA SUYATNA
No
|
NAMA NASABAH
|
ALAMAT
|
NOMOR REKENING
|
NO KARTU ATM
|
JUMLAH PENGAMBILAN VIA ATM
|
TGL PENGAMBILAN
|
1
|
UTA SUYATNA
|
DUSUN CIGENDEL RT 002/007
|
443701006575535
|
5221845044674802
|
2.500.000
|
16/11/20 18:37:46
|
2.500.000
|
16/11/20 18:38:25
|
2.500.000
|
16/11/20 18:39:03
|
2.500.000
|
16/11/20 18:39:57
|
1.250.000
|
17/11/20 17:35:03
|
2.500.000
|
17/11/20 18:53:43
|
2.500.000
|
17/11/20 18:54:20
|
2.500.000
|
17/11/20 18:55:01
|
1.250.000
|
17/11/20 19:07:46
|
2.500.000
|
18/11/20 17:26:05
|
2.500.000
|
18/11/20 17:26:45
|
2.500.000
|
18/11/20 17:27:25
|
1.250.000
|
18/11/20 17:33:49
|
1.250.000
|
18/11/20 17:34:23
|
2.500.000
|
19/11/20 12:40:32
|
2.500.000
|
19/11/20 12:41:09
|
2.500.000
|
19/11/20 12:41:45
|
2.500.000
|
19/11/20 12:42:19
|
2.500.000
|
20/11/20 16:14:16
|
2.500.000
|
20/11/20 16:15:14
|
2.500.000
|
20/11/20 16:20:12
|
2.500.000
|
20/11/20 16:22:57
|
2.500.000
|
21/11/20 16:58:10
|
2.500.000
|
21/11/20 16:59:00
|
2.500.000
|
21/11/20 17:17:10
|
2.500.000
|
21/11/20 17:17:49
|
2.500.000
|
23/11/20 17:21:06
|
2.500.000
|
23/11/20 17:21:46
|
2.500.000
|
23/11/20 17:22:21
|
2.500.000
|
23/11/20 17:23:00
|
2.500.000
|
24/11/20 17:38:10
|
2.500.000
|
24/11/20 17:38:48
|
2.500.000
|
24/11/20 17:39:36
|
2.500.000
|
24/11/20 17:40:14
|
2.500.000
|
26/11/20 17:41:05
|
2.500.000
|
26/11/20 17:41:42
|
2.500.000
|
26/11/20 17:42:40
|
2.500.000
|
26/11/20 17:43:36
|
2.500.000
|
27/11/20 19:07:18
|
2.500.000
|
27/11/20 19:09:17
|
19.000.000
|
27/11/20 22:01:43
|
350.000
|
27/11/20 22:02:37
|
Nasabah ACE
No
|
NAMA NASABAH
|
ALAMAT
|
NOMOR REKENING
|
NO KARTU ATM
|
JUMLAH PENGAMBILAN VIA ATM
|
TGL PENGAMBILAN
|
2
|
ACE
|
DUSUN SAWAH BUAH
|
443701012525536
|
5221845043558857
|
3,000,000
|
16/10/20 05:06:25
|
5,000,000
|
16/10/20 21:26:22
|
10,000,000
|
19/10/20 18:23:59
|
5,000,000
|
23/10/20 11:15:00
|
2,500,000
|
28/10/20 17:41:46
|
2,500,000
|
28/10/20 17:42:21
|
2,500,000
|
28/10/20 17:42:55
|
2,500,000
|
28/10/20 17:43:30
|
2,500,000
|
29/10/20 18:45:57
|
2,500,000
|
29/10/20 18:46:34
|
2,500,000
|
29/10/20 18:47:11
|
2,500,000
|
29/10/20 18:47:49
|
2,500,000
|
30/10/20 18:40:31
|
2,500,000
|
30/10/20 18:41:09
|
2,500,000
|
30/10/20 18:41:49
|
2,500,000
|
30/10/20 18:42:24
|
2,500,000
|
06/11/20 16:44:35
|
2,500,000
|
06/11/20 16:45:13
|
2,500,000
|
06/11/20 16:45:50
|
2,500,000
|
06/11/20 16:46:28
|
1,250,000
|
07/11/20 18:46:16
|
1,250,000
|
07/11/20 18:48:47
|
1,250,000
|
07/11/20 18:49:18
|
1,250,000
|
07/11/20 18:49:48
|
1,250,000
|
07/11/20 18:50:21
|
1,250,000
|
07/11/20 18:50:56
|
1,250,000
|
07/11/20 18:51:29
|
1,250,000
|
07/11/20 18:52:03
|
2,500,000
|
08/11/20 18:39:57
|
2,500,000
|
08/11/20 18:40:36
|
2,500,000
|
08/11/20 18:41:17
|
2,500,000
|
08/11/20 18:41:55
|
2,500,000
|
09/11/20 17:20:32
|
2,500,000
|
09/11/20 17:21:15
|
2,500,000
|
09/11/20 17:21:55
|
2,500,000
|
09/11/20 17:22:33
|
2,500,000
|
10/11/20 13:42:16
|
2,500,000
|
10/11/20 13:42:53
|
2,500,000
|
10/11/20 13:43:30
|
2,500,000
|
10/11/20 13:44:06
|
2,500,000
|
11/11/20 17:20:35
|
2,500,000
|
11/11/20 17:21:11
|
2,500,000
|
11/11/20 17:21:42
|
1,250,000
|
11/11/20 17:28:53
|
1,250,000
|
11/11/20 17:29:30
|
2,500,000
|
12/11/20 17:52:20
|
2,500,000
|
12/11/20 17:52:59
|
2,500,000
|
12/11/20 17:53:33
|
2,500,000
|
12/11/20 17:54:07
|
2,500,000
|
13/11/20 17:18:58
|
2,500,000
|
13/11/20 17:19:37
|
NO
|
NAMA NASABAH
|
ALAMAT
|
NOMOR REKENING
|
NO KARTU ATM
|
JUMLAH PENGAMBILAN VIA ATM
|
TGL PENGAMBILAN
|
2
|
ACE
|
DUSUN SAWAH BUAH
|
443701012525536
|
5221845043558857
|
2,500,000
|
13/11/20 17:20:18
|
2,500,000
|
13/11/20 17:20:56
|
2,500,000
|
14/11/20 21:09:44
|
2,500,000
|
14/11/20 21:10:20
|
2,500,000
|
14/11/20 21:10:57
|
2,500,000
|
14/11/20 21:11:35
|
2,500,000
|
15/11/20 07:44:25
|
2,500,000
|
15/11/20 07:45:06
|
2,500,000
|
15/11/20 07:45:41
|
2,500,000
|
15/11/20 07:46:16
|
300,000
|
16/11/20 11:45:54
|
SUB TOTAL
|
153,300,000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
NO
|
NAMA NASABAH
|
ALAMAT
|
NOMOR REKENING
|
NO KARTU ATM
|
JUMLAH PENGAMBILAN VIA ATM
|
TGL PENGAMBILAN
|
3
|
ACE 2
|
DUSUN SAWAH BUAH
|
443701012524530
|
5221845043558820
|
2,500,000
|
05/09/20 16:37:39
|
1,250,000
|
05/09/20 16:53:38
|
1,250,000
|
05/09/20 16:54:16
|
2,500,000
|
06/09/20 13:17:52
|
2,500,000
|
06/09/20 13:18:34
|
2,500,000
|
06/09/20 13:19:12
|
1,500,000
|
06/09/20 13:20:12
|
2,500,000
|
19/09/20 16:05:11
|
2,500,000
|
19/09/20 16:05:48
|
2,500,000
|
19/09/20 16:06:24
|
2,500,000
|
19/09/20 16:07:07
|
2,500,000
|
20/09/20 16:29:42
|
2,500,000
|
20/09/20 16:45:48
|
2,500,000
|
20/09/20 16:46:28
|
2,500,000
|
20/09/20 16:47:05
|
2,500,000
|
22/09/20 20:11:49
|
2,500,000
|
22/09/20 20:12:34
|
2,500,000
|
22/09/20 20:13:18
|
2,500,000
|
22/09/20 20:14:04
|
2,500,000
|
23/09/20 18:41:34
|
2,500,000
|
23/09/20 18:42:11
|
2,500,000
|
23/09/20 18:42:47
|
2,500,000
|
23/09/20 18:43:25
|
2,500,000
|
24/09/20 18:36:59
|
2,500,000
|
24/09/20 18:37:37
|
2,500,000
|
24/09/20 18:38:13
|
2,500,000
|
24/09/20 18:38:50
|
2,500,000
|
25/09/20 17:36:02
|
2,500,000
|
25/09/20 17:37:10
|
2,500,000
|
25/09/20 17:38:14
|
2,500,000
|
25/09/20 17:39:17
|
2,500,000
|
27/09/20 17:35:03
|
2,500,000
|
27/09/20 17:35:39
|
2,500,000
|
27/09/20 17:36:15
|
2,500,000
|
27/09/20 17:36:51
|
1,250,000
|
28/09/20 17:25:53
|
1,250,000
|
28/09/20 17:26:30
|
1,250,000
|
28/09/20 17:27:04
|
1,250,000
|
28/09/20 17:27:41
|
1,250,000
|
28/09/20 17:37:35
|
1,250,000
|
28/09/20 17:38:09
|
1,250,000
|
28/09/20 17:41:25
|
1,250,000
|
28/09/20 17:42:10
|
2,500,000
|
29/09/20 17:12:47
|
2,500,000
|
29/09/20 17:13:26
|
2,500,000
|
29/09/20 17:15:48
|
1,250,000
|
29/09/20 17:29:22
|
1,250,000
|
29/09/20 17:30:01
|
2,500,000
|
30/09/20 17:31:16
|
2,500,000
|
30/09/20 17:31:52
|
2,500,000
|
30/09/20 17:32:28
|
2,500,000
|
30/09/20 17:33:21
|
2,500,000
|
1/10/2020 17:38
|
2,500,000
|
01/10/20 17:38:39
|
2,500,000
|
01/10/20 17:39:19
|
2,500,000
|
01/10/20 17:40:00
|
2,500,000
|
02/10/20 17:29:56
|
2,500,000
|
02/10/20 17:30:57
|
NO
|
NAMA NASABAH
|
ALAMAT
|
|
Pihak Dipublikasikan |
Ya |
|